catatan singkat

apa itu ikhlas?

Jika saya yang diharuskan menjawab pertanyaan itu, maka sudah dapat hampir dipastikan saya akan menjawab, “ikhlas itu, ketika segala sesuatu diawali dengan segala sesuatu”. Maka dapat hampir dapat dipastikan pula yang denger bingung. Jika dia mafhum dengan KAtS, mungkin dia akan diam, atau mengajak bermudzakarah. Jika dia penasaran, dia akan bertanya, “maksudnya?”. Maka hampir dapat dipastikan saya akan menjawab, “pokoknya ya itu”.

***

Ah ndak kok…itu hanya cara saya kabur dari pertanyaan pertanyaan yang bagi saya sangat sulit untuk saya jawab. Untuk pertanyaan semacam ini, belum tentu yang ditanya lebih tahu dari bertanya. keikhlasan itu halus, lembut, lebih lembut dari udara bahkan. Maka saya sadar bahwa dengan kelembutannya itu, seseorang bisa jadi telah merasakan inti hakikat dari sebuah keikhlasan meskipun ia sama sekali tidak bisa menjelaskannya.

Karena kelembutannya itu, saya mengambil jalan tengahnya. Tidak menjelaskan apa itu ikhlas, tapi memberikan sebuah teka teki tentang keikhlasan. Anggap saja sebuah game. Kelembutan ikhlas hanya bisa dirasakan dengan hati dan dilihat dengan akal yang bersih. Maka saya biarkan setiap orang yang bertanya tentang ikhlas mentafakuri sendiri tentang arti ikhlas yang sebenarnya.

 “Ikhlas itu salah satu rahasiaKu yang aku titipkan dalam hati hambaKu yang Aku cintai”.

(dari sebuah hadist qudsi dalam mukhtasar ihya ulumuddin)

Iklan

3 tanggapan untuk “apa itu ikhlas?”

  1. ah iya…ada nasehat dari ihya juga. dikatakan, niat (yang ikhlas) itu jauh dari perkataan, “saya berniat belajar karena Allah, saya berdagang karena Allah, atau makan karena Allah”. Anda bingung? saya juga. kata kata semacam ini sering sekali kita dengar ketika bermudzakarah tentang arti ikhlas. definisi yang sering kita dengar paling tidak mirip mirip dengan yang tipe jawaban yang seperti ini. lha trus, apa itu ikhlas?

    saya : *noleh pada kucing disebelah* ente tau ikhlas gak cing?
    kucing : miauwww….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s